SILABUS
Nama Sekolah : SMK Negeri 1 Woyla
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Pogram Keahlian : Bisnis dan Pemasaran
Kompetensi Keahlian : Bisnis Daring dan Pemasaran
Mata Pelajaran : Pengelolaan Bisnis Ritel
Durasi (Waktu) : 19 x 6 JP (@45 menit)
KI-3 (Pengetahuan) : Memahami,
menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan
metakognitif sesuai
dengan
bidang danvlingkup
Simulasi dan Komunikasi
Digital,
dan
Dasar
Bidang Bisnis dan Manajemen pada
tingkat teknis, spesifik, detil, dan
kompleks,
berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri
sebagai bagian
dari
keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan
internasional.
KI-4 (Keterampilan) : Melaksanakan tugas spesifik dengan
menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan
masalah sesuai
dengan
lingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah
bimbingan dengan
mutu
dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar,
mengolah, dan menyaji secara
efektif,
kreatif, produktif,
kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang
dipelajarinya
di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas
spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan
mempersepsi,
kesiapan,
meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari
yang
dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian Kompetensi Materi Pokok Alokasi Waktu (JP) Kegiatan Pembelajaran Penilaian Sumber Penguatan Pendidikan
Karakter 1 2 3 4 5 6 7 8 3. 1 Memahami bisnis ritel 4.1. Melakukan bisnis ritel 3.1.1 Menjelaskan
pengertian bisnis ritel 3.1.2 Menjelaskan sejarah
perkembangan bisnis ritel 3.1.3 Menjelaskan ciri-ciri Bisnis ritel 3.1.4
Mendeskripsikan tujuan, peran dan
fungsi usaha ritel 3.1.5 Mendesripsikan
kelebihan dan kekurangan usaha ritel 4.1.1 Melakukan praktik Kegiatan Bisnis ritel · Pengertian bisnis ritel · Sejarah dan perkembangan
bisnis ritel · Ciri-ciri bisnis ritel · Tujuan, peran, dan fungsi
usaha ritel · Kelebihan dan kekurangan
usaha ritel 2 x 6 JP ·
Mengamati Tayangan atau stimulasi terkait materi untuk bisnis ritel. ·
Menanya Mengajukan
pertanyaan terkait tayangan atau simulasi yang berhubungan denganbisnis ritel ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan
informasi mengenai hal-hal
yang berhubungan denganbisnis ritel dan pelaksanaan
simulasi bisnis ritel ·
Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis
data, mengumpulkan, menyimpulkanbisnis ritel ·
Mengkomunikasikan Melaporkan hasil diskusi dan praktik tentang
bisnis ritel Sikap Pengetahuan: · Tes Tertulis Keterampilan: · Penilaian Diskusi dan
presentasi · Penilaian Unjuk Kerja ·
Modul ·
Buku Pedoman Spesifikasi
Pabrik ·
Internet ·
Religius ·
Rasa ingin tahu ·
Gemar membaca ·
Teliti dan cermat ·
Berani ·
Tanggung jawab ·
Disiplin Kompetensi Dasar Indikator Pencapaian
Kompetensi Materi Pokok JP Kegiatan Pembelajaran Penilaian Sumber Belajar 3.2. Menganalisis manajemen bisnis ritel 4.2.
Melakukan manajemen
bisnis ritel 3.2.1. Menjelaskan pengertian
Manajemen, fungsi dan Unsur-unsur Manajemen 3.2.2. Mendeskripsikan Karakteristik
dan mengklasifikasi Jenis Bisnis Ritel 3.2.3. Menganalisis Strategi Manajemen
Ritel 3.2.4. Menganalisis Faktor Penentu
Usaha Bisnis Ritel 4.2.1. Mempresentasikan
manajemen bisnis ritel 4.2.2. Melakukan manajemen bisnis ritel. Manajemen
bisnis ritel 12 JP ·
Mengamati Literasi Tayangan terkait materi manajemen bisnis ritel (pengertian
Manajemen, fungsi dan Unsur-unsur Manajemen, Karakteristik dan Jenis-jenis
Bisnis Ritel, Strategi Manajemen Ritel serta Faktor Penentu Usaha Bisnis
Ritel) · Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan manajemen bisnis ritel · Mengumpulkan informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan manajemen bisnis ritel · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan manajemen
bisnis ritel · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan
manajemen bisnis ritel Pengetahuan: ·
Tes tertulis Keterampilan: ·
Penilaian diskusi ·
Hasil laporan diskusi · Modul · Buku
Pengelolaan Bisnis
Ritel · Internet
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
3.3. Menganalisis Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam
pengelolaan bisnis ritel 4.3. Melaksanakan
Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam pengelolaan
bisnis ritel |
3.3.1. Menjelaskan pengertian kesehatan,
keamanan, dan keselamatan kerja 3.3.2. Menjelaskan tujuan kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja 3.3.3. Mengidentifikasi peraturan tentang kesehatan, keselamatan, dan keamanan
kerja 3.3.4. Mengidentifikasi prosedur K3 dalam bisnis ritel 3.3.5. Menganalisis penyebab dan pencegahan kecelakaan di lingungan kerja 4.3.1. Menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam pengelolaan bisnis ritel |
· Pengertian K3 · Tujuan K3 · Peraturan Perundangan tentang K3 · Prosedur K3 dan penerapannya · Penyebab dan Pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja |
18 JP |
·
Mengamati Tayangan atau stimulasi terkait materi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam
pengelolaan bisnis ritel ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau stimulasi atau hal-hal
yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3) dalam
pengelolaan bisnis ritel ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis data dan mengumpulkan informasi, mampu menyimpulkan Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3) dalam
pengelolaan bisnis ritel · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan Kesehatan dan keselamatan
kerja ( K3) dalam pengelolaan bisnis ritel |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
JP |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
3.4. Menerapkan sistem informasi ritel 4.4. Melakukan system
informasi ritel |
3.4.1. Menjelaskan ruang lingkup system informasi ritel 3.4.2.
Menguraikan struktur system informasi manajemen 3.4.3.
Menguraikan peran system informasi manajemen pada
usaha ritel 3.4.4.
Mengidentifikasi manfaat system informasi manajemen
pada usaha ritel 4.4.1. Menyusun laporan
mengenai ruang lingkup, struktur, peran dan manfaat system informasi
manajemen pada usaha ritel 4.4.2. Menpresentasikan
laporan mengenai ruang lingkup, struktur, peran dan manfaat system informasi
manajemen pada usaha ritel |
Sistem informasi
ritel |
18 x 45’ |
·
Mengamati Tayangan atau
stimulasi terkait materi
Sistem informasi
ritel ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau
simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Sistem informasi ritel ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Sistem informasi
ritel · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan Sistem informasi
ritel · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan Sistem informasi
ritel |
Pengetahuan: ·
Tes tertulis Keterampilan: ·
Penilaian unjuk kerja |
·
Modul ·
Buku Pengelolaan Bisnis
Ritel Kelas XI ·
Internet |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber |
Penguatan Pendidikan
Karakter |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
3.5
Menganalisis perilaku konsumen
dalam bisnis ritel 4.5
Melakukan identifikasi
perilaku konsumen dalam bisnis ritel |
3.5.1 Menjelaskan
pengertian perilaku konsumen 3.5.2
Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku konsumen 3.5.3
Mendeskripsikan prinsip dasar analisa perilaku konsumen 3.5.4
Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen 3.5.5
Mengidentifikasi pendekatan perilaku konsumen 3.5.6 Menganalisis keputusan pembeli 3.5.7 Menganalisis
manfaat mempelajari perilaku konsumen 4.5.1. Melakukan observasi identifikasi perilaku
konsumen dalam bisnis ritel |
·
Perilaku konsumen ·
Jenis-jenis perilaku konsumen ·
Prinsip dasar analisa perilaku konsumen ·
Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen ·
Pendekatan mengenai perilaku konsumen ·
Keputusan Pembeli ·
Manfaat mempelajari perilaku konsumen |
18 |
·
Mengamati Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perilaku konsumen. ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan perilaku konsumen ·
Mengumpulkan
informasi Menggali informasi
tentang perilaku konsumen · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Menganalisis
perilaku konsumen dalam bisnis ritel · Mengkomunikasikan Mempresentasikan hasil diskusi yang telah
dilaksanakan |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis ·
Tes lisan Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja |
·
Buku pengelolaan bisnis ritel SMK/ MAK kelas XI ·
Internet |
·
Rasa ingin tahu ·
Gemar membaca ·
Teliti dan cermat ·
Berani |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
JP |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
3.6. Menganalisis undang-undang perlindungan konsumen 4.6. Menggunakan undang- undang perlindungan konsumen ( UU no 8 tentang
Perlindungan konsumen ) |
3.6.1. Menjelaskan
Pengertian Perlindungan Konsumen 3.6.2.
Menjelaskan Tujuan Perlindungan Konsumen 3.6.3.
Menganalisis Prinsip dan Asas
Perlindungan Konsumen. 3.6.4.
Menganalisis Dasar hukum (Undang-undang)
Perlindungan konsumen 3.6.5.
Menjelaskan sejarah perlindungan
Konsumen 3.6.6.
Mengidentifikasi Hak dan Kewajiban
Konsumen 3.6.7.
Mengidentifikasi Perbuatan yang dilarang
bagi pelaku Usaha 4.6.1
Menggunakan undang- undang
perlindungan konsumen ( UU no 8 tentang Perlindungan konsumen ) |
Undang-undang
perlindungan konsumen |
18 JP |
·
Mengamati Tayangan atau stimulasi terkait materi undang-undang perlindungan
konsumen ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal
yang berhubungan dengan undang-undang perlindungan konsumen ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan undang-undang perlindungan konsumen · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan undang-undang perlindungan konsumen · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan undang-undang perlindungan konsumen |
Pengetahuan: · Tes tertulis · Tes lisan Keterampilan: ·
Penilaian unjuk kerja |
·
Modul ·
Buku Pengelolaan Bisnis
Ritel ·
Internet |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
Penguatan Pendidikan
Karakter |
3.7. Menganalisis advertising dalam bisnis ritel 4.7. Melakukan advertising dalam bisnis ritel |
3.7.1. Menjelaskan pengertian advertising 3.7.2.
Mengidentifikasi
tujuan dan sasaran advertising 3.7.3.
Mengidentifikasi
sifat-sifat advertising 3.7.4.
Menganalisis
bentuk-bentuk periklanan. 4.7.1. Mendesain (membuat) salah satu iklan berdasarkan bentuk-bentuk iklan yang
ada |
· Pengertian advertising · Tujuan umum advertising (periklanan) · Sifat-sifat advertising (periklanan) · Bentuk-bentuk periklanan (advertising) |
18 JP |
·
Mengamati Tayangan atau stimulasi terkait materi advertising dalam
bisnis ritel ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau stimulasi yang
berhubungan dengan advertising dalam
bisnis ritel ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan advertising dalam
bisnis ritel · Mengeksplorasi/MengasosiasiMelalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan advertising dalam
bisnis ritel · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan advertising dalam
bisnis ritel dengan cara mendesain salah
satu bentuk iklan |
Pengetahuan: · Tes tertulis · Tes lisan Keterampilan: ·
Penilaian unjuk kerja |
·
Modul ·
Buku Pedoman Spesifikasi
Pabrik ·
Internet |
·
Disiplin ·
Rasa ingin tau ·
Bertanggung jawab ·
Berani |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
JP |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
3.8. Menganalisis personal
selling dalam bisnis ritel 4.8. Melakukan personal selling dalam bisnis ritel |
3.8.1. Menjelaskan
pengertian personal selling 3.8.2.
Menjelaskan sifat personal selling 3.8.3.
Menjelaskan tujuan personal selling 3.8.4.
Menguraikan jenis-jenis personal selling 3.8.5.
Menguraikan tugas personal selling 3.8.6.
Mengidentifikasikan kelebihan personal selling 3.8.7.
Mengidentifikasikan kekurangan personal selling 4.8.1. Menyusun laporan
mengenai pengertian, sifat, tujuan, jenis-jenis, tugas, kelebihan dan
kekurangan personal selling 4.8.2. Mempresentasikan
laporan mengenai pengertian, sifat, tujuan, jenis-jenis, tugas, kelebihan dan
kekurangan personal selling |
Personal selling
dalam bisnis ritel |
18 x 45’ |
·
Mengamati Siswa
mencermati tayangan video atau stimulasi terkait personal selling dalam bisnis ritel ·
Menanya Siswa mengajukan pertanyaan terkait tayangan
video atau simulasi berhubungan dengan personal selling dalam bisnis ritel ·
Mengumpulkan data Siswa mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan personal selling dalam bisnis ritel · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Siswa
mengolah data personal selling dalam bisnis ritel · Mengkomunikasikan Siswa mendeskripsikan dan menyampaikan hasil laporan mengenai personal selling dalam bisnis ritel |
Pengetahuan: ·
Penilaian tes tertulis dalam bentuk menjawab soal essay Keterampilan: ·
Penilaian kemampuan komunikasi dalam
berdikusi terkait personal selling dalam bisnis ritel |
·
Modul ·
Buku Pengelolaan Bisnis
Ritel Kelas XI, HUP |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian
Kompetensi |
Materi Pokok |
JP |
Kegiatan Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber Belajar |
3.9. Menganalisis sales promotion dalam bisnis ritel 4.9. Melakukan sales promotion dalam bisnis ritel |
3.9.1. Menjelaskan
pengertian Promosi Penjualan 3.9.2. Menganalisis Tujuan
Promosi Penjualan 3.9.3. Mendeskripsikan
sifat-sifat Promosi Penualan 3.9.4. Menganalisis
bentu-bentuk Sales Promotion. 4.9.1. Melakukan (mendemonstrasikan) sales promotion dalam bisnis ritel |
Sales promotion dalam
bisnis ritel |
18 JP |
·
Mengamati Tayangan atau stimulasi terkait sales promotion dalam bisnis ritel ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi berhubungan dengan sales promotion dalam bisnis ritel ·
Mengumpulkan
informasi Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sales promotion dalam bisnis ritel · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan sales promotion dalam bisnis ritel · Mengkomunikasikan Mengkomunikasikan sales promotion dalam bisnis ritel |
Pengetahuan: · Tes tertulis · Tes lisan Keterampilan: ·
Penilaian unjuk kerja |
·
Modul ·
Buku Pedoman Spesifikasi
Pabrik ·
Internet |
Kompetensi Dasar |
Indikator Pencapaian Kompetensi |
Materi Pokok |
Alokasi Waktu (JP) |
Kegiatan
Pembelajaran |
Penilaian |
Sumber |
Penguatan Pendidikan
Karakter |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
3.10
Menganalisis public relation dalam bisnis ritel 4.10
Melakukan public relation dalam bisnis ritel |
3.10.1 Menjelaskan
pengertian public relation 3.10.2 Menjelaskan
tujuan public relation dalam bisnis
ritel 3.10.3
Mendeskripsikan alat public relation 3.10.4 Menganalisis
peran marketing public relation 3.10.5 Menganalisis
keuntungan dan kekurangan public relation 4.10.1
Melakukan observasi
tentang public relation dalam bisnis ritel |
·
Pengertian public relation ·
Tujuan public relation ·
Alat public relation ·
Peran marketing public relation ·
Keuntungan dan kekurangan public relation |
18 |
·
Mengamati Mencermati
permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan public relation. ·
Menanya Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi
atau hal-hal yang berhubungan dengan public relation ·
Mengumpulkan
informasi Menggali informasi
tentang public relation · Mengeksplorasi/Mengasosiasi Menganalisis
tentang public relation dalam bisnis ritel · Mengkomunikasikan Membacakan
hasil diskusi tentang public relation dalam bisnis ritel |
Pengetahuan: ·
Tes Tertulis ·
Tes lisan Keterampilan: ·
Penilaian Unjuk Kerja |
·
Buku pengelolaan bisnis ritel SMK/ MAK kelas XI ·
Internet |
·
Rasa ingin tahu ·
Gemar membaca ·
Teliti dan cermat ·
Berani |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar