Silabus

 SILABUS

Nama Sekolah                : SMK Negeri 1 Woyla

Bidang Keahlian              : Bisnis dan Manajemen

Pogram Keahlian            : Bisnis dan Pemasaran

Kompetensi Keahlian      : Bisnis Daring dan Pemasaran

Mata Pelajaran                : Pengelolaan Bisnis Ritel

Durasi (Waktu)                : 19 x 6 JP (@45 menit)

KI-3 (Pengetahuan)         : Memahami, menerapkan, menganalisis, dan mengevaluasi tentang pengetahuan faktual, konseptual, operasional dasar, dan metakognitif sesuai

                                          dengan bidang danvlingkup Simulasi dan Komunikasi Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen pada tingkat teknis, spesifik, detil, dan

                                          kompleks, berkenaan dengan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian

                                          dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.

KI-4 (Keterampilan)         : Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai  

                                          dengan lingkup Simulasi dan Komunikasi  Digital, dan Dasar Bidang Bisnis dan Manajemen. Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan   

                                          mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja. Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara  

                                          efektif, kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait  dengan pengembangan dari yang  

                                          dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung. Menunjukkan keterampilan mempersepsi,

                                          kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret   terkait dengan pengembangan dari yang  

                                          dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.


Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber

Penguatan Pendidikan Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

3. 1  Memahami  

        bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.1.  Melakukan bisnis ritel

3.1.1 Menjelaskan pengertian bisnis ritel

3.1.2 Menjelaskan sejarah perkembangan bisnis ritel

3.1.3 Menjelaskan  ciri-ciri Bisnis ritel

3.1.4 Mendeskripsikan tujuan,   peran dan fungsi usaha ritel

3.1.5 Mendesripsikan kelebihan dan kekurangan usaha ritel

 

 

4.1.1 Melakukan praktik

          Kegiatan Bisnis

          ritel

 

·      Pengertian bisnis ritel

·      Sejarah dan perkembangan bisnis ritel

·      Ciri-ciri bisnis ritel

·      Tujuan, peran, dan fungsi usaha ritel

·      Kelebihan dan kekurangan usaha ritel

2 x 6 JP

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait materi untuk bisnis ritel.

·       Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi yang berhubungan denganbisnis ritel

·       Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan denganbisnis ritel dan pelaksanaan simulasi bisnis ritel

·      Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkanbisnis ritel

·      Mengkomunikasikan

Melaporkan hasil diskusi dan praktik tentang bisnis ritel

Sikap

Pengetahuan:

·      Tes Tertulis

Keterampilan:

·      Penilaian Diskusi dan presentasi

·      Penilaian Unjuk Kerja

 

 

·        Modul

·        Buku Pedoman Spesifikasi Pabrik

·        Internet

 

 

·         Religius

·         Rasa ingin tahu

·         Gemar membaca

·         Teliti dan cermat

·         Berani

·         Tanggung jawab

·         Disiplin

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

JP

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

3.2.    Menganalisis manajemen bisnis ritel

 

 

 

4.2.    Melakukan manajemen bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2.1. Menjelaskan pengertian Manajemen, fungsi dan Unsur-unsur Manajemen

3.2.2. Mendeskripsikan Karakteristik dan mengklasifikasi Jenis Bisnis Ritel

3.2.3. Menganalisis Strategi Manajemen Ritel

3.2.4. Menganalisis Faktor Penentu Usaha Bisnis Ritel

 

4.2.1. Mempresentasikan manajemen bisnis ritel

4.2.2. Melakukan manajemen bisnis ritel.

 

 

 

 

 

 

 

Manajemen bisnis ritel

12 JP

·         Mengamati

Literasi Tayangan terkait materi manajemen bisnis ritel (pengertian Manajemen, fungsi dan Unsur-unsur Manajemen, Karakteristik dan Jenis-jenis Bisnis Ritel, Strategi Manajemen Ritel serta Faktor Penentu Usaha Bisnis Ritel)

·       Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan manajemen bisnis ritel   

·       Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan manajemen bisnis ritel  

·      Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan manajemen bisnis ritel

·      Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan manajemen bisnis ritel

Pengetahuan:

·     Tes tertulis

 

 

 

Keterampilan:

·         Penilaian diskusi

·         Hasil laporan diskusi

 

·       Modul

·       Buku Pengelolaan Bisnis Ritel

·       Internet

 

 

 

                                                                                                                                

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Pembelajaran

3.3.    Menganalisis Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

4.3.    Melaksanakan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

 

 

 

 

3.3.1.  Menjelaskan  pengertian kesehatan, keamanan, dan keselamatan kerja

3.3.2.  Menjelaskan tujuan kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja

3.3.3.  Mengidentifikasi peraturan tentang kesehatan, keselamatan, dan keamanan kerja

3.3.4.  Mengidentifikasi prosedur K3 dalam bisnis ritel

3.3.5.  Menganalisis penyebab dan pencegahan kecelakaan di lingungan kerja

 

 

4.3.1.  Menerapkan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja dalam pengelolaan bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

·       Pengertian K3

·       Tujuan K3

·       Peraturan Perundangan tentang K3

·       Prosedur K3 dan penerapannya

·       Penyebab dan Pencegahan kecelakaan di lingkungan kerja

18  JP

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait materi Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan Kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau stimulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan, dan Keamanan Kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel   

·        Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Kesehatan, Keselamatan kerja (K3) dalam pengelolaan bisnis ritel  

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data dan mengumpulkan informasi, mampu menyimpulkan  Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

·       Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan Kesehatan dan keselamatan kerja ( K3) dalam pengelolaan bisnis ritel

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

JP

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

3.4.      Menerapkan sistem informasi ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.4.    Melakukan system informasi ritel

 

 

 

 

3.4.1.    Menjelaskan ruang lingkup system informasi ritel

3.4.2.    Menguraikan struktur system informasi manajemen

3.4.3.    Menguraikan peran system informasi manajemen pada usaha ritel

3.4.4.    Mengidentifikasi manfaat system informasi manajemen pada usaha ritel

 

4.4.1. Menyusun laporan mengenai ruang lingkup, struktur, peran dan manfaat system informasi manajemen pada usaha ritel

4.4.2. Menpresentasikan laporan mengenai ruang lingkup, struktur, peran dan manfaat system informasi manajemen pada usaha ritel

Sistem informasi ritel

 18 x 45’

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait materi Sistem informasi ritel

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan Sistem informasi ritel

·        Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Sistem informasi ritel

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan Sistem informasi ritel

·       Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan Sistem informasi ritel

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

 

 

Keterampilan:

·          Penilaian unjuk kerja

 

·        Modul

·        Buku Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI

·        Internet

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber

Penguatan Pendidikan Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

3.5      Menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.5      Melakukan identifikasi perilaku konsumen dalam bisnis ritel

 

 

 

3.5.1 Menjelaskan pengertian perilaku konsumen

3.5.2 Mengklasifikasikan jenis-jenis perilaku konsumen

3.5.3 Mendeskripsikan prinsip dasar analisa perilaku konsumen

3.5.4 Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

3.5.5 Mengidentifikasi pendekatan perilaku konsumen

3.5.6  Menganalisis keputusan pembeli

3.5.7 Menganalisis manfaat mempelajari perilaku konsumen

 

 

4.5.1.    Melakukan observasi identifikasi perilaku konsumen dalam bisnis ritel

 

 

 

 

·       Perilaku konsumen

·       Jenis-jenis perilaku konsumen

·       Prinsip dasar analisa perilaku konsumen

·       Faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen

·       Pendekatan mengenai perilaku konsumen

·       Keputusan Pembeli

·       Manfaat mempelajari perilaku konsumen

18

·         Mengamati

Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan perilaku konsumen.

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan perilaku konsumen

·        Mengumpulkan informasi

Menggali informasi tentang perilaku konsumen

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Menganalisis perilaku konsumen dalam bisnis ritel

·       Mengkomunikasikan

Mempresentasikan hasil diskusi yang telah dilaksanakan

Pengetahuan:

·       Tes Tertulis

·       Tes lisan

Keterampilan:

·       Penilaian Unjuk Kerja

·        Buku pengelolaan bisnis ritel SMK/ MAK kelas XI

·        Internet

 

 

·         Rasa ingin tahu

·         Gemar membaca

·         Teliti dan cermat

·         Berani

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

JP

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

3.6.  Menganalisis undang-undang perlindungan konsumen

 

 

4.6.  Menggunakan undang- undang perlindungan konsumen ( UU no 8 tentang Perlindungan konsumen )

 

 

 

 

 

 

3.6.1.    Menjelaskan Pengertian Perlindungan Konsumen

3.6.2.  Menjelaskan Tujuan Perlindungan Konsumen

3.6.3.  Menganalisis Prinsip dan Asas Perlindungan Konsumen.

3.6.4.  Menganalisis Dasar hukum (Undang-undang) Perlindungan konsumen

3.6.5.  Menjelaskan sejarah perlindungan Konsumen

3.6.6.  Mengidentifikasi Hak dan Kewajiban Konsumen

3.6.7.  Mengidentifikasi Perbuatan yang dilarang bagi pelaku Usaha

 

4.6.1           Menggunakan undang- undang perlindungan konsumen ( UU no 8 tentang Perlindungan konsumen )

 

 

Undang-undang perlindungan konsumen

 18 JP

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait materi undang-undang perlindungan konsumen

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan undang-undang perlindungan konsumen  

·        Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan undang-undang perlindungan konsumen

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan undang-undang perlindungan konsumen

·       Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan undang-undang perlindungan konsumen

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

 

 

Keterampilan:

·          Penilaian unjuk kerja

 

·        Modul

·        Buku Pengelolaan Bisnis Ritel

·        Internet

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

Alokasi Waktu

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

Penguatan Pendidikan Karakter

3.7.  Menganalisis advertising dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

4.7.  Melakukan advertising dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

3.7.1.  Menjelaskan pengertian advertising

3.7.2.  Mengidentifikasi tujuan dan sasaran advertising

3.7.3.  Mengidentifikasi sifat-sifat advertising

3.7.4.  Menganalisis bentuk-bentuk periklanan.

 

 

 

4.7.1.  Mendesain (membuat) salah satu iklan berdasarkan bentuk-bentuk iklan yang ada

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

·       Pengertian advertising

·       Tujuan umum advertising (periklanan)

·       Sifat-sifat advertising (periklanan)

·       Bentuk-bentuk periklanan (advertising)

 18 JP

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait materi advertising dalam bisnis ritel 

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau stimulasi yang berhubungan dengan advertising dalam bisnis ritel   

·        Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan advertising dalam bisnis ritel 

·       Mengeksplorasi/MengasosiasiMelalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan advertising dalam bisnis ritel 

·       Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan advertising dalam bisnis ritel dengan cara mendesain salah satu bentuk iklan

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

 

 

Keterampilan:

·          Penilaian unjuk kerja

 

·        Modul

·        Buku Pedoman Spesifikasi Pabrik

·        Internet

 

 

·        Disiplin

·        Rasa ingin tau

·        Bertanggung jawab

·        Berani

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

JP

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

3.8.    Menganalisis personal selling dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.8.    Melakukan personal selling dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

3.8.1.  Menjelaskan pengertian personal selling

3.8.2.  Menjelaskan sifat personal selling

3.8.3.  Menjelaskan tujuan personal selling

3.8.4.  Menguraikan jenis-jenis personal selling

3.8.5.  Menguraikan tugas personal selling

3.8.6.  Mengidentifikasikan kelebihan  personal selling

3.8.7.  Mengidentifikasikan kekurangan personal selling

 

4.8.1.  Menyusun laporan mengenai pengertian, sifat, tujuan, jenis-jenis, tugas, kelebihan dan kekurangan personal selling

4.8.2.  Mempresentasikan laporan mengenai pengertian, sifat, tujuan, jenis-jenis, tugas, kelebihan dan kekurangan personal selling

 

Personal selling dalam bisnis ritel

 18 x 45’

·         Mengamati

Siswa mencermati tayangan video atau stimulasi terkait personal selling dalam bisnis ritel

·        Menanya

Siswa mengajukan pertanyaan terkait tayangan video atau simulasi berhubungan dengan personal selling dalam bisnis ritel

·        Mengumpulkan data

Siswa mengumpulkan data mengenai hal-hal yang berhubungan dengan personal selling dalam bisnis ritel

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Siswa mengolah data personal selling dalam bisnis ritel

·       Mengkomunikasikan

Siswa mendeskripsikan dan menyampaikan hasil laporan mengenai personal selling dalam bisnis ritel

Pengetahuan:

·      Penilaian tes tertulis dalam bentuk menjawab soal essay

 

 

Keterampilan:

·      Penilaian kemampuan komunikasi dalam berdikusi terkait personal selling dalam bisnis ritel

 

·        Modul

·        Buku Pengelolaan Bisnis Ritel Kelas XI, HUP

 

 

 

Kompetensi Dasar

 

Indikator Pencapaian Kompetensi

 

Materi Pokok

 

JP

 

Kegiatan Pembelajaran

 

Penilaian

Sumber Belajar

3.9.  Menganalisis sales promotion dalam bisnis ritel

 

4.9.  Melakukan sales promotion dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.9.1. Menjelaskan pengertian Promosi Penjualan

3.9.2. Menganalisis Tujuan Promosi Penjualan

3.9.3. Mendeskripsikan sifat-sifat Promosi Penualan

3.9.4. Menganalisis bentu-bentuk Sales Promotion.

 

4.9.1. Melakukan (mendemonstrasikan) sales promotion dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

 

Sales promotion dalam bisnis ritel

18 JP

·         Mengamati

Tayangan atau stimulasi terkait sales promotion dalam bisnis ritel

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi berhubungan dengan sales promotion dalam bisnis ritel  

·        Mengumpulkan informasi

Mengumpulkan informasi mengenai hal-hal yang berhubungan dengan sales promotion dalam bisnis ritel

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Melalui analisis data, mengumpulkan, menyimpulkan sales promotion dalam bisnis ritel

·       Mengkomunikasikan

Mengkomunikasikan sales promotion dalam bisnis ritel

Pengetahuan:

·      Tes tertulis

·      Tes lisan

 

 

Keterampilan:

·          Penilaian unjuk kerja

 

·        Modul

·        Buku Pedoman Spesifikasi Pabrik

·        Internet

 

 

 

 

 

 

 

Kompetensi Dasar

Indikator Pencapaian Kompetensi

Materi Pokok

Alokasi Waktu (JP)

Kegiatan Pembelajaran

Penilaian

Sumber

Penguatan Pendidikan Karakter

1

2

3

4

5

6

7

8

3.10    Menganalisis public relation dalam bisnis ritel

 

 

 

 

 

 

 

4.10  Melakukan public relation dalam bisnis ritel

 

 

 

3.10.1 Menjelaskan   pengertian public relation

3.10.2 Menjelaskan tujuan    public relation dalam bisnis ritel

3.10.3 Mendeskripsikan alat    public relation

3.10.4 Menganalisis peran marketing public relation

3.10.5 Menganalisis keuntungan dan kekurangan public relation   

 

4.10.1       Melakukan observasi  tentang public relation dalam bisnis ritel

 

 

 

·       Pengertian public relation

·       Tujuan public relation

·       Alat public relation

·       Peran marketing public relation

·       Keuntungan dan kekurangan public relation

18

·         Mengamati

Mencermati permasalahan sehari-hari yang berkaitan dengan public relation.

·        Menanya

Mengajukan pertanyaan terkait tayangan atau simulasi atau hal-hal yang berhubungan dengan public relation

·        Mengumpulkan informasi

Menggali informasi tentang public relation

·       Mengeksplorasi/Mengasosiasi

Menganalisis tentang public relation dalam bisnis ritel

·       Mengkomunikasikan

Membacakan hasil diskusi tentang public relation dalam bisnis ritel

Pengetahuan:

·       Tes Tertulis

·       Tes lisan

Keterampilan:

·       Penilaian Unjuk Kerja

·        Buku pengelolaan bisnis ritel SMK/ MAK kelas XI

·        Internet

 

 

·         Rasa ingin tahu

·         Gemar membaca

·         Teliti dan cermat

·         Berani


Tidak ada komentar:

Posting Komentar